Cara Menghitung Volume Genteng


Cara Menghitung Volume Genteng

Cara Menghitung Volume Genteng – Bagi anda yang ingin membuat rumah, genteng akan menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan. Penggunaan genteng sangat penting untuk membuat bagian atap rumah menjadi sempurna. Banyak orang yang merasa bingung, ketika harus membeli genteng untuk membuat rumah. Tentu saja hal ini karena mereka tidak mengetahui jumlah genteng yang dibutuhkan secara pasti. Padahal mengetahui jumlah atau volume genteng yang dibutuhkan itu sangat penting. Mengetahui jumlah genteng akan membuat anda tahu berapa biaya yang akan dihabiskan untuk membuat atap rumah. Sehingga anda sudah bisa mengantisipasi dana ini jauh sebelum anda ingin memuat atap rumah. Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghitung volume genteng. Dan cara-cara ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa dengan mudah melakukannya sendiri.

cara menghitung volume genteng

Cara Menghitung Volume Genteng

Tidak perlu repot meminta bantuan pada orang lain untuk menghitung volume genteng yang akan anda gunakan. Anda hanya butuh bermain dengan sedikit angka-angka. Berikut cara menghitung volume genteng :

  1. Dengan Menghitung Luas Atap

    Cara ini adalah cara yang paling sering dilakukan. Ambil pena dan kertas anda dan mulailah menghitung luas atap anda sebenarnya. Jika takut salah dalam perhitungan ini, anda bisa menggunakan kalkulator.  Meskipun anda harus menghitung luas, tapi cara ini tidak sulit. Pastikan anda mengingat cara menghitung luas bangun datar. Jika satu sisi atap berbentuk persegi panjang maka luasnya adalah panjang x lebar. Atap rumah anda pasti terdiri dari beberapa sisi. Anda hanya tinggal mengalikan jumlah luas dengan jumlah sisi.
    Cara ini sebenarnya sangat sederhana, sekarang anda sudah tahu luas atap rumah anda. Setelah itu, hitung jumlah genteng yang dibutuhkan. Caranya kalikan jumlah luas atap dengan jumlah genteng setiap 1 meter persegi. Misal satu meter persegi membutuhkan 25 genteng, maka kalikan luas seluruh atap dengan 25 buah. Anda akan mendapatkan  hasilnya.

  2. Dengan Menghitung Luas Pondasi

    Luas pondasi rumah juga bisa digunakan untuk menghitung luas volume. Caranya hampir sama dengan cara menghitung luas atap. Hanya saja panjang dan lebar pondasi harus dilebihkan 1 meter.Tentu saja hal ini karena atap rumah selalu lebih lebar dibandingkan pondasi rumah. Sebagai contoh pondasi rumah anda adalah 8 x 5 meter, maka menjadi (8+1) x (5+1) meter. Hasil luasnya tinggal dikalikan dengan jumlah genteng per meter perseginya. Jika anda juga menggunakan teras rumah, maka hitung juga genteng yang digunakan untuk teras rumah secara terpisah.  Cara perhitungannya juga sama. Perkirakan berapa luas pondasi bawah yang akan digunakan dan hitung jumlah gentengnya.

  3. Dengan Menggunakan Aplikasi

    Jika anda tidak ingin pusing berhitung dengan menggunakan matematika. Anda bisa menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi penghitung volume genteng. Caranya gampang sekali, anda tinggal unduh aplikasi tersebut. Nanti di aplikasi tersebut akan diminta keterangan data berupa luas bangunan rumah anda dan tipe ukuran genteng yang akan digunakan. Hasil yang didapatkan juga lebih akurat. Bahkan jika anda ingin mengetahui biaya yang dibutuhkan, anda juga bisa menghitungnya sekaligus. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh orang awam yang tidak paham bangunan. Namun pastikan data yang anda masukkan ke dalam aplikasi akurat dan tepat. Karena jika anda salah memasukkan data, hasil perhitungan juga akan salah.

Itulah semua cara menghitung jumlah atau volume genteng yang dibutuhkan untuk membuat atap rumah. Namun penting untuk diketahui bahwa cara tersebut adalah untuk menghitung jumlah minimum. Dalam membuat atap rumah terkadang jumlah genteng yang digunakan bisa lebih dari yang telah diperkirakan. Untuk itu sebaiknya anda melebihkan jumlah pembelian untuk mengantisipasi kekurangan genteng.

1 Comment

Add yours

Comments are closed.