Cara Menghitung Volume Pasangan Batu Bata


Cara Menghitung Volume Pasangan Batu Bata

Cara Menghitung Volume Pasangan Batu Bata – Material yang harus ada saat anda ingin membangun rumah salah satunya adalah batu bata. Penggunaan batu bata ini sangat penting dan ditentukan oleh besar kecilnya rumah yang akan anda dirikan. Sebelum mulai membangun rumah anda haru tahu berapa pastinya jumlah batu bata yang akan digunakan. Banyak orang yang tidak tahu dan merasa bingung dengan cara untuk mengetahui jumlah tersebut. Ada beberapa cara menghitung volume pasangan batu bata. Cara – cara ini sebenarnya tidak sulit dan bisa anda lakukan sendiri. Dengan mengetahui jumlah batu bata yang akan digunakan, anda akan bisa menyiapkan dana yang sesuai. Sehingga anda bisa memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk membeli batu bata ini. Butuh sedikit perhitungan matematika untuk mengetahui jumlah pastinya. Dan yang perlu diingat, jumlah perhitungan ini adalah perhitungan minimum. Itu artinya bisa saja penggunaan batu bata lebih banyak dari yang diperkirakan.

Cara Menghitung Volume Pasangan Batu Bata

Untuk menghitung jumlah batu bata secara akurat, anda harus menentukan tebal dinding yang akan anda buat. Sesuai dengan standar bangunan yang baik, biasanya ketebalan bangunan dibagi menjadi 2 macam. Yang pertama ketebalan dinding sebesar 1 bata dan yang kedua ketebalan dinding 1/2 bata. Ketebalan ini juga akan berpengaruh pada kekuatan dinding. Berikut ini cara menghitung volume pasangan batu bata :

cara menghitung volume pasangan batu bata

Cara Menghitung Untuk Ketebalan 1 Bata

Sebenarnya saat ini sudah jarang orang yang membuat dinding dengan ketebalan 1 bata. Dinding dengan ketebalan 1 bata akan membutuhkan batu bata yang lebih banyak. Namun jenis dinding ini sangat kuat, karena ketebalannya. Sebaiknya dalam membuat bangunan, anda mengikuti prosedur SNI (Standar Nasional Indonesia ).Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas dari dinding bangunan yang akan anda bangun. Menurut SNI untuk ketebalan 1 bata dibutuhkan 140 buah setiap meter perseginya.

Untuk itu segera lakukan pengukuran luas dinding yang akan anda bangun. Setelah itu anda tinggal mengalikan dengan 140 buah. Jika bangunan dinding anda berbentuk persegi panjang maka rumus mencari luasnya adalah panjang x lebar. Jumlahkan luas dinding dengan jumlah sisi yang mau anda bangun.
Misal anda akan membuat 3 sisi dinding, maka rumusnya = luas dinding x 3 sisi = Luas seluruhnya.

Simulasi perhitungan :

  • Luas satu sisi tembok = 30 m2, makan luas 3 sisi tembok = 30 x 3 = 90 m2
  • Jumlah batu bata yang diperlukan = 90  x 140  = 12.600 buah batu bata.

 

Cara Menghitung Untuk Ketebalan 1/2 bata

Dinding dengan ketebalan 1/2 bata adalah yang paling sering digunakan saat ini. Tebal dinding sudah cukup tebal dengan tambahan pasir dan semen. Juga ada standar SNI untuk jenis dinding ini. Setiap meter perseginya harus memiliki 70 buah batu bata. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan dinding tebal 1 bata. Cara yang digunakan juga sama, anda harus menghitung luas  seluruh dinding yang akan anda bangun lalu dikali dengan 70 buah. Luas seluruh sisi didapatkan dari luas satu sisi dikali jumlah sisi.

Simulasi Perhitungan :

  • Luas satu sisi tembok = 30 m2, maka luas 3 sisi tembok = 30 x 3 = 90 m2
  • Jumah batu bata yang diperlukan = 90 x 70 = 6300 buah batu bata.

Setelah mengetahui cara menghitung jumlah batu bata yang benar, anda tinggal menentukan ingin membuat bangunan yang seperti apa. Tentukan luas dinding dan jumlah sisi yang akan dibuat. Setelah itu hitung batu bata dengan metode di atas. Sebaiknya jangan menyalahi aturan SNI. Tentu saja hal ini akan berdampak pada kekuatan dan kualitas dinding yang akan anda buat.